Loading

Sabtu, 11 Januari 2014

BBBL

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Angka Kematian Bayi (AKB) yaitu 46 jiwa per 1000 kelahiran hidup. Adapun Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia 2007 yaitu 248 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan Angka Kematian Bayi(AKB) yaitu 27 per 1000 kelahiran hidup.(Standar WHO).
Menurut WHO, setiap tahunnya kira-kira 3% (3,6 juta) dari 120 juta bayi lahir mengalami asfiksia, hampir 1 juta bayi ini kemudian meninggal. Di Indonesia, dari seluruh kematian bayi, sebanyak 57% meninggal pada masa BBL (usia dibawah 1 bulan). Setiap 6 menit terdapat satu bayi meninggal. Penyebab kematian BBL di indonesia adalah BBLR 29%, Asfiksia 27%, trauma lahir, Tetanus Neonatorum, infeksi lain dan kelainan kongenital (JNPK-KR, 2008; h.145)
Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007, mengestimasikan AKB di Indonesia dalam periode 5 tahun terakhir, yaitu tahun 2003-2007 sebesar 34 per 1.000  kelahiran hidup. Banyak faktor yang mempengaruhi angka kematian tersebut, yaitu salah satunya asfiksia sebesar 37% yang merupakan penyebab kedua kematian bayi baru lahir  (Depkes.RI, 2008). Sementara target Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015 adalah 32 / 1. 000 KH.
                  
                        Kematian perinatal terbanyak disebabkan oleh asfiksia. Hal ini ditemukan baik dilapangan maupun dirumah sakit rujukan di indonesia. Di Amerika diperkirakan 12.000 bayi meninggal atau menderita kelainan akibat asfiksia perinatal. Retardasi mental dan kelumpuhan syaraf sebanyak 20-40% merupakan akibat dari kejadian intrapartum (Wiknjosastro, 2010; h.10)
            Departemen Kesehatan menargetkan angka kematian ibu pada 2010 sekitar 226 orang dan pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs) yang ke 5 pada tahun 2015 menjadi 102 orang per tahun. Serta Depkes telah mematok target penurunan AKB di Indonesia dari rata-rata 36 meninggal per 1.000 kelahiran hidup menjadi 23 per 1.000 kelahiran hidup pada 2015. (www.tugaskuliah.info/2010)
            Menurut Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 di Provinsi Lampung  pada Tahun 2012 Angka Kematian Neonatal 27/ 1000 Kelahiran Hidup (KH), Kematian Bayi 43/1000 KH dan Kematian Balita 30/1000 KH (SDKI 2012). Secara umum Angka Kematian Anak menunjukkan penurunan yang lambat.  Angka Kematian Neonatal mengalami stagnasi 10 tahun terakhir yaitu 20/1.000 kelahiran hidup pada SDKI 2002 menjadi 19/1.000 pada SDKI 2007 dan SDKI 2012. Padahal kematian neonatal merupakan proporsi yang besar dari kematian bayi (59%) dan balita (47%).
            Sejak tahun 2008-2012, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mencatat 5.018 bayi meninggal. Pada tahun 2012, tercatat 1.120 balita meninggal, atau setiap hari ada tiga balita yang meninggal di Lampung.
            Pada Tahun 2012 di Provinsi Lampung terjadi 787 kasus kematian Perinatal, 110 kasus kematian neonatal, 159 kasus kematian bayi dan kasus kematian Balita sebanyak 64 kasus.  Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya  bayi adalah kemampuan dan keterampilan penolong persalinan, sesuai dengan pesan pertama kunci Making Pregnancy Safer (MPS) yaitu setiap persalinan hendaknya ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih. Faktor lainnya karena kurangnya pengetahuan dan perilaku masyarakat yang tidak mengenali tanda bahaya dan terlambat membawa ibu, bayi dan balita sakit ke fasilitas kesehatan
            Berbagai upaya yang aman dan efektif untuk mencegah dan mengatasi penyebab utama kematian BBL adalah pelayanan antenatal yang berkualitas, asuhan persalinan normal/dasar dan pelayanan kesehatan neonatal oleh tenaga professional. Untuk menurunkan angka kematian BBL karena asfiksia, persalinan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan dan keterampilan manajemen asfiksia pada BBL. Kemampuan dan keterampilan ini digunakan setiap kali menolong persalinan.
(JNPK-KR, 2008; h.145)
      Asfiksia neonatorum adalah suatu keadaan bayi baru lahir  yang mengalami gagal bernapas secara spontan dan teratur segera setelah lahir, sehingga bayi tidak dapat memasukkan oksigen dan tidak dapat mengeluarkan zat asam arang dari tubuhnya. umumnya akan mengalami asfiksia pada saat dilahirkan. Masalah ini erat hubungannya dengan gangguan kesehatan ibu hamil, kelainan tali pusat, atau masalah yang mempengaruhi kesejahteraan bayi selama atau sesudah persalinan (Dewi.2010;hal.102).    
            Pada dasarnya penyebab asfiksia dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut yaitu perdarahan, infeksi, kelahiran preterm/bayi berat lahir rendah, asfiksia, hipotermi, perlukaan kelahiran dan lain-lain. Bahwa 50% kematian bayi terjadi dalam periode neonatal yaitu dalam bulan pertama kehidupan, kurang baiknya penanganan bayi baru lahir yang lahir sehat akan menyebabkan kelainan-kelainan yang dapat mengakibatkan cacat seumur hidup bahkan kematian. Dua hal yang banyak menentukan penurunan kematian perinatal ialah tingkat kesehatan serta gizi wanita dan mutu pelayanan kebidanan yang tinggi di seluruh negeri. (Sarwono, 2011;h.59)
            Dari hasil survey di BPS Desi Andriani.Amd.Keb, pada bulan Januari- Mei tahun 2013 diperoleh 192 ibu bersalin. Dari prasurvey yang dilakukan pada tanggal 22 Mei 2013 terdapat 28 bayi yang mengalami asfiksia pada bulan Januari-Mei. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan study kasus yang berjudul : Asuhan Kebidanan pada bayi baru lahir dengan asfiksia terhadap Bayi Ny. M di BPS Desi Andriani.Amd.Keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung.
B.     Rumusan Masalah
“Bagaimana Asuhan Kebidanan pada Bayi Baru Lahir dengan Asfiksia di BPS Desi Andriani  Amd.Keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung  pada tahun 2013?
C.     Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
Penulis mampu melakukan asuhan kebidanan secara komprehensif dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan pada bayi baru lahir dengan asfiksia di BPS Desi Andriani. Amd.Keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung pada tahun 2013?
 2. Tujuan Khusus
a)      Diketahuinya Pengkajian terhadap Bayi Baru Lahir dengan asfiksia di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung. .
b)      Diketahuinya Identifikasi Masalah pada Bayi Baru Lahir dengan melakukan diagnosa di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung .
c)      Diketahuinya Antisipasi Masalah Potensial yang terjadi pada Bayi Baru Lahir dengan asfiksia di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung.
d)     Diketahuinya Kebutuhan Tindakan Segera yang diperlukan pada Bayi Baru Lahir dengan asfiksia di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung.
e)      Diketahuinya Rencana Asuhan Komprehensif pada Bayi Baru Lahir dengan asfiksia di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung. .
f)       Diketahuinya Pelaksanakan Asuhan Kebidanan pada Bayi Baru Lahir dengan asfiksia di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung. .
g)      Diketahuinya Evaluasi terhadap Asuhan Kebidanan yang telah dilaksanakan kepada Bayi Baru Lahir dengan asfiksia di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung.
 
D.    Ruang Lingkup
1.      Sasaran
Sasaran dalam studi kasus kebidanan ini adalah Bayi Baru Lahir dengan asfiksia terhadap bayi Ny.M
2.      Tempat
Study kasus ini dilaksanakan di BPS Desi Andriani Amd.keb Teluk Betung Utara Bandar Lampung.
3.      Waktu
Waktu pelaksanaan studi kasus ini pada tanggal 22 Mei 2013 pukul 12:40 WIB.
E.     Manfaat Penelitian
1.      Bagi institusi pendidikan
Setelah disusunnya karya tulis ilmiah ini  dapat di gunakan  sebagai keefektifan proses belajar dapat ditingkatkan. Serta lebih meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam hal penanganan kasus asfiksia. Serta kedepan dapat menerapkan dan mengaplikasikan hasil dari studi yang telah didapat pada lahan kerja. Selain itu diharapkan juga dapat menjadi sumber ilmu dan bacaan yang dapat memberi informasi terbaru serta  menjadi sumber refrensi yang dapat digunakan sebagai pelengkap dalam pembuatan karya tulis ilmiah pada semester akhir berikutnya.
2.      Bagi Penulis
Dapat digunakan untuk menambah pengetahuan tentang penatalaksanaan asfiksia dan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan antara teori yang di dapat di bangku kuliah dan dilahan praktek.
3.         Bagi Lahan Praktik
Sebagai bahan masukan bagi tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan keterampilan dalam memberikan asuhan kebidanan, khususnya pada kasus Asfiksia dan di BPS dapat lebih meningkatakan kualitas pelayanan secara komprehensif khususnya dalam menangani bayi baru lahir dengan asfiksia, sehingga AKB dapat diturunkan.
F.  Metodologi Dan Teknik Memperoleh Data
1.    Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan penulis dalam karya tulis ini adalah metode penelitian survey deskriptif. Metode penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara obyektif. Metode ini digunakan untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data, klasifikasi, analisis data, membuat kesimpulan dan laporan (Notoatmodjo, 2005;h.138).
2.    Teknik Memperoleh Data
a.    Data Primer
1)   Wawancara
Suatu metode yang dipergunakan untuk mengumpulkan data, dimana peneliti mendapatkan keterangan atau informasi secara lisan dari seseorang sasaran penelitian (responden), atau bercakap-cakap berhadapan muka dengan orang tersebut (Notoatmodjo,2005; h.138)
Wawancara dilakukan dengan cara yaitu Auto anamnesa wawancara yang dilakukan secara langsung kepada klien mengenai penyakitnya, dan Allo anamnesa dilakukan dengan cara wawancara kepada keluarga atau orang lain mengenai penyakit klien (Sulistyawati, 2009).
2)   Pengkajian Fisik
Pengkajian yang dapat dipandang sebagai bagian tahap pengkajian pada proses keperawatan atau tahap pengkajian atau pemeriksaan klinis dari system pelayanan terintegrasi,yang prinsipnya menggunakan cara-cara yang sama dengan pengkajian fisik yaitu inspeksi, palpasi,perkusi dan auskultasi (Prihardjo,2006;h.2)
b.    Data Sekunder
1)   Studi Pustaka
Adalah metode pengumpulan data dengan mempelajari catatan tentang pasien yang ada (Notoatmodjo,2005;h.63).
2) Studi Dokumentasi
Adalah semua bentuk dokumen baik yang diterbitkan maupun yang tidak diterbitkan, yang ada dibawah tanggung jawab instansi resmi, misalnya laporan, statistic, catatan-catatan didalam kartu klinik (Notoatmodjo,2005;h.63).
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.    TINJAUAN TEORI MEDIS
                               I.            Teori Bayi Baru Lahir Normal
a.      Pengertian bayi baru lahir
Bayi baru lahir normal adalah bayi yang lahir dalam presentasi belakang kepala melalui vagina tanpa memakai alat, pada usia kehamilan genap  37 minggu sampai dengan 42 minggu dengan berat badan antara 2500 gram sampai 4000 gram nilai apgar >7 dan tanpa cacat bawaan (Rukiyah, 2010; hal. 2)
Bayi baru lahir disebut juga dengan neonatus merupakan individu yang sedang bertumbuh dan baru saja mengalami trauma kelahiran serta harus dapat melakukan penyesuaian diri dari kehidupan intrauteri kehidupan ekstrauteri.
Bayi baru lahir normal adalah bayi yang lahir pada usia kehamilan 37- 42 minggu dan berat badannya 2500-4000 gram.
    1. Ciri- ciri bayi baru lahir normal
1.      Lahir aterm antara 37-42 minggu
2.      Berat bdan 2500- 4000 gram
3.      Panjang badan 48- 52 cm
4.      Ligkar dada 30- 38 cm
5.      Lingkar kepala 33-35 cm
6.      Lingkar lengan  11- 12 cm
7.      Frekuensi denyut jantung 120-160 x/menit
8.      Pernafasan 40-60 x /menit
9.      Kulit kemerah merahan dan licin karena jaringan subkutan yang cukup
10.  Rambut lanugo tidak terlihat dan rambut kepala biasanya telah sempurna
11.  Kuku agak panjang dan lemas
12.  Nilai APGAR>7
13.  Gerak aktif
14.  Bayi lahir langsung menangis kuat
15.  Reflek rooting (mencari putting susu dengan rangsangan taktil pada pipi dan daerah mulut) sudah terbentuk dengan baik.
16.  Reflek sucking(isap dan menelan ) sudah terbentuk dengan baik
17.  Reflek moro ( gerakan memeluk bila dikagetkan) sudah terbentuk dengan baik
18.  Reflek grasping ( menggenggam) sudah baik
19.  Genitalia
a.    Pada laki- laki  kematangan ditandai dengan testis yang berada pada sokrotum dan penis yang berlubang
b.    Pada perempuan kematangan ditandai dengan vagina dan uretra yang berlubang , serta adanya labia minora dan mayora
c.       Tahapan Bayi Baru Lahir :
1.      Tahap I :
Terjadi segera setelah lahir, selama menit-menit pertama kelahiran.Pada tahap ini di gunakan system scoring apgar untuk fisik dan scoring gray untuk interaksi bayi dan ibu
2.      Tahap II   :
Disebut tahap transisional reaktivitas. Pada tahap II dilakukan pengkajian selama 24 jam pertama terhadap ada nya perubahan perilaku.
3.      Tahap III    :
Disebut tahap periodik, pengkajian di lakukan 24 jam pertama yang meliputi pemeriksaan seluruh tubuh.
(Dewi,2010; h.1- 3)
d.      Penanganan Bayi Baru Lahir Normal
1.      Menilai bayi dengan cepat( dalam 30 detik), kemudian meletakkan bayi diatas perut ibu dengan posisi kepala bayi sedikit lebih rendah dari tubuhnya (bila tali pusat terlalu pendek, meletakkan bayi ditempat yang memungkinkan ).
2.      Segera membungkus kepala dan badan bayi dengan handuk dan biarkan kotak kulit ibu- bayi lakukan penyuntikan oksitosin im.
3.      Menjepit tali pusat menggunakan klem kira- kira 3 cm dari pusat bayi, melakukan urutan pada tali pusat mulai dari klem kearah ibu dan memasang klem 2 cm dari klem pertama (kearah ibu).
4.      Memegang tali pusat dengan satu tangan, melindungi bayi dari gunting dan memotong tali pusat diantara dua klem tersebut.
5.      Mengeringkan bayi, mengganti handuk yang basah dan menyelimuti bayi dengan kain atau selimut yang bersih dan kering, menutupi bagian kepala, membiarkan tali pusat terbuka.
6.      Memberikan bayi kepada ibunya dan mengajurkan ibu utuk memeluk bayinya dan memulai pemberian ASI jika ibu menghendakinya.(sarwono,2010; h.344)
         II.       Asfiksia Neonatorum
a.      Definisi
Asfiksia neonatorum merupakan suatu keadaan pada bayi baru lahir yang mengalami gagal bernafas secara spontan dan teratur segera setelah lahir, sehingga bayi tidak dapat memasukkan oksigen dan tidak dapat mengeluarkan zat asam arang dari tubuhnya. ( Dewi.2010; h.102)
Asfiksia neonatorum adalah keadaan bayi yang tidak dapat bernafas spontan dan teratur, sehingga dapat menurunkan O2 dan makin meningkatkan CO2 yang menimbulkan akibat buruk dalam kehidupan lebih lanjut (Manuaba, 2010; h.421)
Asfiksia adalah keadaan bayi tidak bernafas secara spontan dan teratur segera setelah lahir. Seringkali bayi yang sebelumnya mengalami gawat janin akan mengalami asfiksia setelah persalinan. Masalah ini mungkin saling berkaitan dengan keadaan ibu, tali pusat atau masalah pada bayi selama atau sesudah persalinan.(JNPK KR 2008; h. 146).
b.   Etiologi dan Faktor Predisposisi
 Penyebab terjadinya Asfiksia menurut (DepKes RI,  2009)
1.   Faktor Ibu
a.  Preeklamsia dan eklamsia.
b.  Perdarahan abnormal (plasenta prervia atau plasenta).
c.  Partus lama atau partus macet.
d. Demam selama persalinan.
e. Infeksi berat (malaria, sifilis, TBC, HIV).
f. Kehamilan post matur.
g. Usia ibu kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun.
2.   Faktor Bayi
a. Bayi Prematur (Sebelum 37 minggu kehamilan).
b. Persalinan sulit (letak sungsang, bayi kembar, distosia bahu, ektraksi vakum,   forsef).
c. Kelainan kongenital.
d. Air ketuban bercampur mekonium (warna kehijauan).
3.  Faktor Tali Pusat
a. Lilitan tali pusat.
b. Tali pusat pendek.
c. Simpul tali pusat.
d. Prolapsus tali pusat.
 c.       Faktor-faktor yang dapat menimbulkan gawat janin (asfiksia)
Beberapa keadaan pada ibu dapat menyebabkan aliran darah ibu melalui plasenta berkurang, sehingga aliran oksigen kejanin berkurang, akibatnya terjadi gawat janin.
1)   Gangguan Sirkulasi Menuju Janin
a)    Gangguan aliran pada tali pusat (lilitan tali pusat, simpul tali pusat, tekanan pada tali pusat, ketuban telah pecah, kehamilan lewat waktu)
b)   Pengaruh obat, karena narkosa saat persalinan.
2)   Faktor Ibu
a)    Gangguan his (tetania uteri/hipertonik)
b)   Penurunan tekanan darah dapat mendadak (perdarahan pada plasenta previa dan solusio plasenta)
c)    Vasokontriksi arterial (hipertensi pada hamil dan gestosis preeklampsia-eklampsia)
d)   Gangguan pertukaran nutrisi/O2 (solusio plasenta) (Manuaba, 2010; h.421)
d.      Diagnosis
Untuk dapat mendiagnosa gawat janin dapat ditetapkan dengan
melakukan pemeriksaan sebagai berikut:
1)   Denyut jantung janin
a.       DJJ meningkat 160 kali permenit tingkat permulaan
b.    Mungkin jumlah sama dengan normal, tetapi tidak teratur
c.    Frekuensi denyut menurun <100 kali permenit, apalagi disertai irama yang tidak teratur.
d.   Pengeluaran mekonium pada letak kepala menunjukkan gawat janin, karena terjadi rangsangan nervus X, sehingga peristaltik usus meningkat dan sfingter ani terbuka.
2)   Mekonium dalam air ketuban
Pengeluaran mekonium pada letak kepala menunjukkan gawat janin, karena terjadi rangsangan nervus X, sehingga peristaltik usus meningkat dan sfingter ani terbuka (Manuaba, 2010; h.422)
3)   Pernapasan
Awalnya hanya sedikit nafas. Sedikit napas ini dimaksudkan untuk mengembangkan paru, tetapi bila paru mengembang saat kepala masih dijalan lahir, atau bila paru tidak mengembang karena suatu hal, aktivitas singkat ini akan diikuti oleh henti napas komplet. Kejadian ini disebut apnue primer ( drew.2009;h.9)
4)   Usia Ibu
 Umur ibu pada waktu hamil sangat berpengaruh pada kesiapan ibu sehingga kualitas sumber daya manusia makin meningkat dan kesiapan untuk menyehatkan generasi penerus dapat terjamin. Kehamilan di usia muda/remaja (dibawah usia 20 tahun) akan mengakibatkan rasa takut terhadap kehamilan dan persalinan, hal ini dikarenakan pada usia tersebut ibu mungkin belum siap untuk mempunyai anak dan alat-alat reproduksi ibu belum siap untuk hamil. Begitu juga kehamilan di usia tua (diatas 35 tahun) akan menimbulkan kecemasan terhadap kehamilan dan persalinannya serta alat-alat reproduksi ibu terlalu tua untuk hamil.
Umur muda (< 20 tahun) beresiko karena ibu belum siap secara medis (organ reproduksi) maupun secara mental. Hasil penelitian menunjukan bahwa primiparity merupakan faktor resiko yang mempunyai hubungan yang kuat terhadap mortalitas asfiksia, sedangkan umur tua (> 35 tahun), secara fisik ibu mengalami kemunduran untuk menjalani kehamilan. Keadaan tersebut memberikan predisposisi untuk terjadi perdarahan, plasenta previa, rupture uteri, solutio plasenta yang dapat berakhir dengan terjadinya asfiksia bayi baru lahir (Purnamaningrum, 2010).
5)      Paritas
 Paritas adalah jumlah persalinan yang telah dilakukan ibu. Paritas 2-3 merupakan paritas paling aman di tinjau dari sudut kematian maternal. Paritas 1 dan paritas lebih dari 4 mempunyai angka kematian maternal yang disebabkan perdarahan pasca persalinan lebih tinggi. Paritas yang rendah (paritas satu), ketidak siapan ibu dalam menghadapi persalinan yang pertama merupakan faktor penyebab ketidak mampuan ibu hamil dalam menangani komplikasi yang terjadi dalam kehamilan, persalinan dan nifas (Winkjosastro, 2007).
Paritas 1 beresiko karena ibu belum siap secara medis (organ reproduksi) maupun secara mental. Hasil penelitian menunjukan bahwa primiparity merupakan faktor resiko yang mempunyai hubungan yang kuat terhadap mortalitas asfiksia, sedangkan paritas di atas 4, secara fisik ibu mengalami kemunduran untuk menjalani kehamilan. Keadaan tersebut memberikan predisposisi untuk terjadi perdarahan, plasenta previa, rupture uteri, solutio plasenta yang dapat berakhir dengan terjadinya asfiksia bayi baru lahir (Purnamaningrum, 2010).
6)      Lama persalinan
Menurut tinjauan teori beberapa keadaan pada ibu dapat menyebabkan aliran darah ibu melalui plasenta berkurang, sehingga aliran oksigen kejanin berkurang yang dapat menyebabkan terjadi asfiksia pada bayi baru lahir yaitu partus lama atau partus macet dan persalinan sulit, seperti letak sungsang, bayi kembar, distosia bahu, ekstraksi vacuum dan vorcep (JNPK-KR, 2008, h. 144)
Pada multigravida tahapannya sama namun waktunya lebih cepat untuk setiap fasenya. Kala 1 selesai apabila pembukaan servik telah lengkap, pada multigravida berlangsung kira-kira 13 jam, sedangkan pada multigravida kira-kira 7 jam. (sulistyawati, esti,2010; h.65)
e.       Tanda dan gejala
1.      Asfiksia berat (nilai APGAR 0-3)
Pada kasus asfiksia berat, bayi akan mengalami asidosis,sehingga memerlukan perbaikan dan resusitasi aktif dengan segera. Tanda dan gejala yang yang muncul pada asfiksiam berat adalah sebagai berikut:
1)      Frekuensi jantung kecil, yaitu <40 per menit.
2)      Tidak ada usaha napas
3)      Tonus otot lemah bahkan hampir tidak ada
4)      Bayi tampak pucat bahkan sampai berwarna kelabu
2.      Asfiksia sedang (nilai APGAR 4-6)
Pada asfiksia sedang, tanda gejala yang muncul adalah sebagai berikut:
1)      Frekuensi jantung menurun menjadi 60-80 kali permenit
2)      Usaha nafas lambat
3)      Tonus otot biasanya dalam keadaan baik
4)      Bayi masih bereaksi terhadap rangsangan yang diberikan
5)      Bayi tampak siannosis
3.      Asfiksia ringan (nilai APGAR 7-10)
Pada asfiksia ringan, tanda dan gejala yang sering muncul adalah sebagai berikut:
1)      Bayi tampak sianosis
2)      Adanya retraksi sela iga
3)      Bayi merintih
4)      Adanya pernafasan cuping hidung
5)      Bayi kurang aktifitas
(Dewi.2010; h.102)
 f.       Penilaian Asfikaia Pada Bayi Baru Lahir
1.    Penilaian Awal
Penilaian awal dilakukan pada setiap BBL untuk menentukan apakah tindakan resusitasi harus segera dimulai. Segera setelah lahir, dilakukan penilaian pada semua bayi dengan cara petugas bertanya pada dirinya sendiri dan harus menjawab segera dalam waktu singkat.
1)   Apakah bayi lahir cukup bulan ?
2)   Apakah air ketuban jernih dan tidak bercampur mekonium ?
3)   Apakah bayi bernafas adekuat atau menangis ?
4)   Apakah tonus otot baik ?
Bila semua jawaban “Ya”, berarti bayi baik dan tidak memerlukan tindakan resusitasi. Pada bayi ini segera dilakukan asuhan pada bayi normal. Bila salah satu atau lebih jawaban “Tidak”, bayi memerlukan tindakan resusitasi. Segera dimulai dengan langkah awal resusitasi.
2.    Keputusan Resusitasi Bayi Baru Lahir
PENILAIAN
Sebelum bayi lahir :
·         Apakah kehamilan cukup bulan ?
Sebelum bayi lahir :
·         Apakah airketuban jernih, tidak bercampur mekonium (warna kehijauan) ?
Segera setelah bayi lahir (jika bayi cukup bulan) :
·         Menilai apakah bayi menangis atau bernapas/megap-megap ?
·         Menilai apakah tonus aot baik ?
KEPUTUSAN
Memutuskan bayi perlu resusitasi jika :
·         Bayi tidak cukup bulan atau bayi megap-megap/tidak bernapas dan atau tonus otot bayi tidak baik
·         Air ketuban bercampur mekonium.
TINDAKAN
Mulai lakukan resusitasi segera jika :
·         Bayi tidak cukup bulan dan atau bayi megap-megap/tidak bernapas dan tonus otot bayi tidak baik :
Lakukan tindakan resusitasi BBL
·         Air ketuban bercampur mekonium :
Lakukan resusitasi sesuai dengan indikasinya
(JNPK-KR 2008; h.151)
  Tabel 1. Penilaian asfiksia pada bayi baru lahir
Penilaian untuk melakukan resusitasi semata-mata ditentukan oleh tiga tanda yang penting, yaitu:
a.  Pernafasan
b. Denyut jantung
c.  Warna
Nilai apgar tidak dipakai untuk menentukan kapan kita memulai resusitasi atau untuk membuat keputusan mengenai jalannya resusitasi.
         (Saifuddin, 2009, hal: 349)
3.    Hal penting dalam penilaian asfiksia
Aspek yang sangat penting dari resusitasi BBL adalah menilai bayi, menentukan tindakan yang akan dilakukan dan ahirnya melaksanakan tindakan tersebut. Penilaian selanjutnya adalah dasar untuk menentukan kesimpulan dan tindakan berikutnya. Upaya resusitasi yang efektif dan efisien berlangsung melalui rangkaian tindakan, yaitu penilaian, pengambilan keputusan dan selanjutnya tindakan lanjut. Rangkaian tindakan ini merupakan suatu siklus. Misalnya pada saat-saat anda melakukan rangsangan taktil anda sekaligus menilai pernafasan bayi. Atas dasar penilaian ini anda akan melakukan langkah berikutnya. Apabila penilaian pernafasan menunjukkan bahwa bayi tidak bernafas atau bahwa pernafasan tidak adekuat, anda sudah menentukan dasar pengambilan kesimpulan untuk tindakan berikutnya, yaitu memberikan ventilasi dengan tekanan positif (VTP). Sebaliknya apabila pernafasannya normal, maka tindakan selanjutnya adalah menilai denyut jantung bayi. Segera setelah memulai suatu tindakan anda harus menilai dampaknya pada bayi dan membuat kesimpulan untuk tahap berikutnya.
Nilai APGAR pada umumnya dilaksanakan pada 1 menit dan 5 menit setelah bayi lahir, akan tetapi penilaian bayi harus dimulai segera setelah bayi lahir. Apabila bayi memerlukan intervensi berdasarkan pernafasan, denyut jantung, atau warna bayi, maka penilaian ini harus dilakukan segera. Intervensi yang harus dilakukan jangan sampai terlambat karena menunggu penilaian APGAR 1 menit. Keterlambatan tindakan sangat membahayakan, terutama pada bayi yang mengalami depresi berat. Walaupun nilai APGAR tidak penting dalam pengambilan keputusan pada awal resusitasi, tetapi dapat menolong dalam upaya penilaian keadaan bayi dan penilaian efektivitas upaya resusitasi. Jadi nilai APGAR perlu dinilai dalam 1 menit dan 5 menit. Apabila nilai apgar <7 penilaian tambahan masih diperlukan, yaitu tiap 5 menit sampai 20 menit atau sampai 2 kali penilaian menunjukkan nilai 8 atau lebih. Penilaian pada bayi yang terkait dengan penatalaksanaan resusitasi, dibuat berdasarkan keadaan klinis. Penilaian awal harus dilakukan pada semua BBL. Penatalaksanaan selanjutnya dilakukan menurut hasil penilaian tersebut. Penilaian berkala setelah setiap langkah resusitasi harus dilakukan setiap 30 detik. Penatalaksanaan dilakukan terus menerus berkesinambungan menurut siklus menilai, menentukan tindakan, melakukan tindakan, kemudian menilai kembali (Saifuddin, 2009; h. 349)
Tiga point pengkajian klinis
1). Pernapasan
Observasi pergerakan dada dan masukan udara dengan cermat. Lakukan auskultasi jika perlu. Kali adanya pola pernapasan abnormal, seperti pergerakan dada asimetris, napas tersenggal, atau mendengur.
Tentukan apakah pernapsannya adekuat (frekuensi baik dan teratur), tidak adekuat (lambat dan tidak teratur), atau tidak ada sama sekali.
2). Denyut jantung
Kaji frekuensi jantung dengan mengauskultasikan denyut aspeks atau merasakan denyutan umbilicus.
Klasifikasikan menjadi >100 atau <100 kali permenit. Angka ini merupakan titik batas yang mengindikasikan ada atau tidaknya hipoksia yang signifikan. Catatan : bayi dengan frekuensi jantung <60, khususnya bayi tanpa frekuensi jantung, membutuhkan pendekatan yang lebih darurat. Awalnya, curah jantung mungkin tidak mampu mencukupi perfusi arteri koroner, sampai pada akhirnya tidak mampu sama sekali, walaupun dilakukan ventilasi.
3). Warna
Kaji bibir dan lidah bayi yang dapat berwarna biru atau merah muda. Sianosis perifer (akrosianosis) merupakan hal yang normal pada beberapa jam pertama bahkan hari. Bayi yang pucat mungkin mengalami syok atau anemia berat. Tentukan apakah bayi bewarna merah mudah, biru atau pucat.
Ketiga observasi ini dikenal sebagai komponen skor APGAR. Dua komponen lainnya adalah tonus dan respons terhadap rangsangan.
(David,dkk.2009; h.30-32)
a. Pemantauan Janin
1. Saat Bayi Sudah Lahir
a)    Penilaian sekilas sesaat setelah bayi lahir 
Sesaat setelah bayi lahir bidan melakukan penilaia sekilas untuk kesejahteraan bayi secara umum. Aspek yang dinilai adalah warna kulit dan tangis bayi, jika warna kulit adalah kemerahan dan bayi dapat menangis spontan, maka ini sudah cukup untuk dijadikan data awal bahwa dalam kondisi baik.
b)      Menit pertama kelahiran
Pertemuan sarec di swedia tahun 1985 menganjurkan penggunaan parameter penilaian bayi baru lahir adalah dengan cara sederhana yang disebut dengan SIGTUNA (SIGTUNA score), sesuai dengan nama terjadinya konsensus. Penilaian cara ini digunakan terutama untuk tingkat pelayanan kesehatan dasar karena hanya menilai dua parameter yang penting, namun cukup mewakili indikator kesejahteraan bayi baru lahir. Sesaat setelah bayi lahir bidan memantau 2 tanda vital bayi sesuai dengan SIGTUNA score, yaitu upaya bayi untuk bernafas dan frekuensi jantung (dihitung selama 6 detik, hasil dikalikan 10 sama dengan frekuensi jantung satu menit).
Cara menentukan SIGTUNA score:
1)   Nilai bayi sesaat setelah lahir (menit pertama) dengan kriteria penilaian seperti pada tabel.
2)   Jumlahkan score yang didapat.
3)   Kesimpulan dari total SIGTUNA score
4     : Asfiksia riangan atau tidak asfiksia.
2-3  : Asfiksia sedang.
1          : Asfiksia berat.
0          : Bayi lahir mati/fresh stillbirth.
2.    Menit ke 5 sampai 10
Segera setelah bayi lahir, bidan mengobservasi keadaan bayi dengan berpatokan pada APGAR score dari 5 menit hingga 10 menit (Sulistyawati,2010;h.209).
                                Tabel 2. Skala pengamatan APGAR score
Aspek pengamatan bayi baru lahir
Skor
0
1
2
Appeareance (Warna kulit)
Seluruh tubuh bayi berwarna kebiruan .atau pucat
Warna kulit tubuh normal, tetapi tangan dan kaki berwarna kebiruan
Warna kulit seluruh tubuh normal
Pulse
(Nadi)
Denyut jantung tidak ada
Denyut jantung <100 kali permenit
Denyut jantung >100 kali permenit
Grimace (Respon refleks)
Tidak ada respon terhadap stimulasi
Wajah meringis saat distimulasi
Meringis, menarik, batuk atau bersin saat stimulasi
Activity
(Tonus otot)
Lemah, tidak ada gerakan
Lengan dan kaki dalam posisi fleksi dengan sedikit gerakan
Bergerak aktif dan spontan
Respiratory (Pernafasan)
Tidak bernafas, pernafasan lambat dan tidak teratur
Menangis lemah, terdengar seperti merintih
Menangis kuat, pernafasan baik dan teratur
    (Sulistyawati, 2010; h.209)
b.   Penatalaksanaan Asfiksia
1)   Persiapan resusitasi BBL
a)    Persiapan tempat resusitasi
Persiapan yang diperlukan meliputi ruang bersalin dan tempat resusitasi :
1.   Gunakan ruang yang hangat dan terang
2.   Tempat resusitasi hendaknya datar, rata, keras, bersih, kering dan hangat misalnya meja, dipan atau diatas lantai beralas tikar. Sebaiknya dekat pemancar panas dan tidak berangin (jendela atau pintu yang terbuka)
Keterangan:
a.    Ruang yang hangat akan mencegah bayi hipotermi.
b.    Tempat resusitasi yang rata diperlukan untuk kemudahan pengaturan posisi kepala bayi.
c.    Untuk sumber pemancar panas gunakan lampu 60 watt atau lampu petromak. Nyalakan lampu menjelang persalinan.
b)   Persiapan alat resusitasi
Sebelum menolong persalinan, selain menyiapkan alat-alat persalinan juga disiapkan alat-alat resusitasi dalam keadaan siap pakai, yaitu :
1.   Kain ke-1 untuk mengeringkan bayi.
2.   Kain ke-2 untuk menyelimuti bayi.
3.   Kain ke-3 untuk ganjal bahu bayi.
4.   Alat penghisap lender De Lee atau Bola karet.
5.   Tabung dan sungkup atau balon dan sungkup.
6.   Kotak alat resusitasi.
7.   Sarung tangan.
8.   Jam atau pencatat waktu.
Keterangan:
a.    Kain yang digunakan sebaiknya bersih, kering, hangat dan dapat menyerap cairan misalnya handuk, kain flannel, dll. Kalau tidak ada gunakan kain panjang atau sarung.
b.    Kain ke-3 untuk ganjal bahu. Ganjal bahu bisa dibuat dari kain (kaos, selendang, handuk kecil), digulung setinggi 3 cm dan bisa disesuaikan untuk mengatur posisi kepala bayi agar sedikit tengadah.
c.    Bagian-bagian balon dan sungkup:
1)   Pintu masuk udara dan tempat memasang reservoir O2
2)   Pintu masuk O2
3)   Pintu keluar  O2
4)   Susunan katup
5)   Reservoir O2
6)   Katup pelepas tekanan (pop-of valve)
7)   Tempat memasang manometer (bagian ini mungkin tidak ada)
Keterangan:
a)    Alat pengisap lendir Dee Lee adalah alat untuk menghisap lender khusus untuk BBL.
b)   Tabung dan sungkup atau balon dan sungkup merupakan alat yang sangat penting dalam tindakan ventilasi pada resusitasi, siapkan sungkup dalam keadaan terpasang dan steril.
c)    Tabung atau balon serta sungkup dan alat penghisap lender De Lee dalam keadaan steril, disiapkan dalam kotak alat resusitasi. 
c.    Cara menyiapkan:
1)   Kain ke-1:
Fungsi kain pertama adalah untuk mengeringkan BBL yang basah oleh air ketuban segera setelah lahir. Bagi bidan yang sudah biasa dan terlatih meletakkan bayi baru lahir diatas perut ibu, sebelum persalinan akan menyediakan sehelai kain diatas perut ibu untuk mengeringkan bayi. Hal ini dapat juga digunakan pada bayi asfiksia. Bila tali pusat sangat pendek, bayi dapat diletakkan didekat perineum ibu sampai tali pusat telah diklem dan dipotong, kemudian jika perlu lakukan tindakan resusitasi.
2)   Kain ke-2:
Fungsi kain ke-2 adalah untuk menyelimuti BBL agar tetap kering dan hangat. Singkirkan kain ke-1 yang basah sesudah dipakai mengeringkan bayi. Kain ke-2 ini diletakkan diatas tempat resusitasi, digelar menutupi tempat yang rata.
3)   Kain ke-3:
Fungsi kain ke-3 adalah untuk ganjal bahu bayi agar memudahkan dalam pengaturan posisi kepala bayi. Kain digulung setebal kira-kira 3 cm diletakkan di bawah kain ke-2 yang menutupi tempat resusitasi untuk mengganjal bahu.
4)   Alat resusitasi:
Kotak alat resusitasi yang berisi alat pengisap lender Dee Lee dan alat resusitasi tabung atau balon dan sungkup diletakkan dekat tempat resusitasi, maksudnya agar memudahkan diambil sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan tindakan resusitasi BBL.
5)   Sarung tangan.
6)   Jam atau pencatat waktu
d.      Persiapan Diri
Lindungi dari kemungkinan infeksi dengan cara:
1.    Memakai alat pelindung diri pada persalinan (celemek, masker, penutup kepala, kaca mata dan sepatu tertutup)
2.    Lepaskan perhiasan, cincin dan jam tangan sebelum mencuci tangan.
3.    Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau dengan campuran alkohol dan gliseril.
4.    Keringkan dengan kain atau tisu bersih.
5.    Selanjutnya gunakan sarung tangan sebelum menolong persalinan.
2)   Tahap I: Langkah Awal
Tahap awal diselesaikan dalam waktu 30 detik. Langkah awal tersebut meliputi:
a)    Jaga bayi tetap hangat
a)   Letakkan bayi diatas kain yang ada diatas perut ibu
b)   Selimuti bayi dengan kain tersebut, dada dan perut tetap terbuka, potong tali pusat
c)   Pindahkan bayi keatas kain di tempat resusitasi yang datar, rata, keras, bersih, kering dan hangat.
d)   Jaga bayi tetap diselimuti dan dibawah pemancar panas.
b)   Atur posisi bayi
1.   Baringkan bayi terlentang dengan kepala didekat penolong
2.   Posisikan kepala bayi pada posisi menghidu dengan pengganjal bahu, sehingga kepala sedikit ekstensi.
c)    Isap lendir
Gunakan alat pengisap DeLee dengan cara sebagai berikut:
1.   Isap lendir mulai dari mulut dulu, kemudian hidung
2.   Lakukan pengisapan saat alat pengisap ditarik keluar, TIDAK pada waktu memasukan.
3.   Jangan lakukan pengisapan terlalu dalam (jangan lebih dari 5 cm kedalam mulut atau lebih dari 3 cm dalam hidung), hal itu dapat menyebabkan denyut jantung bayi menjadi lambat atau tiba-tiba berhenti bernafas.
d)   Keringkan dan rangsang bayi
1.   Keringkan bayi mulai dari muka, kepala dan bagian tubuh lainnya dengan sedikit tekanan
2.   Lakukan rangsangan taktil dengan menepuk atau menyentil telapak kaki bayi atau dengan menggosok punggung, dada, perut dan tungkai bayi dengan telapak tangan.
e)    Atur kembali posisi bayi
1.   Ganti kain yang telah basah dengan kain kering dibawahnya
2.   Selimuti bayi dengan kain kering tersebut, jangan menutupi muka dan dada, agar bisa memantau pernafasan bayi.
3.   Atur kembali posisi bayi sehingga kepala sedikit ekstensi.
  f)    Lakukan penilaian bayi
Lakukan penilaian apakah bayi bernafas normal, tidak bernafas atau megap-megap. Bila bayi bernafas normal, lakukan asuhan pasca resusitasi. Tapi bila bayi tidak bernafas normal atau megap-megap, mulai lakukan ventilasi bayi.
3)      Tahap II: Ventilasi
Ventilasi adalah tahapan tindakan resusitasi untuk memasukkan sejumlah volume udara ke dalam paru-paru dengan tekanan positif untuk membuka alveoli paru bayi agar bisa bernafas spontan dan teratur.
a)    Pasang sungkup
Pasang sungkup dengan menutupi dagu, mulut dan hidung.
b)   Ventilasi 2 kali
1.    Lakukan peniupan / pompa dengan tekanan 30 cm air.
Tiupan awal tabung-sungkup / pompaan awal balon-sungkup sangat penting untuk membuka alveoli paru agar bayi bisa mulai bernafas dan menguji apakah jalan nafas bayi terbuka.
2.    Lihat apakah dada bayi mengembang.
Saat melakukan tiupan atau pompaan perhatikan apakah dada bayi mengembang.
Bila tidak mengembang:
a.       Periksa posisi sungkup dan pastikan tidak ada udara yang bocor.
b.    Periksa posisi kepala, pastikan posisi sudah menghidu.
c.    Periksa cairan atau lendir dimulut. Bila ada lendir atau cairan lakukan penghisapan.
d.   Lakukan tiupan 2 kali dengan tekanan 30 cm air (ulangan), bila dada mengembang, lakukan tahap berikutnya.
c)    Ventilasi 20 kali dalam 30 detik
1.    Lakukan tiupan dengan tabung dan sungkup atau pemompaan dengan balon dan sungkup sebanyak 20 kali dalam 30 detik dengan tekanan 20 cm air sampai bayi mulai menangis dan bernafas spontan
2.    Pastikan dada mengembang saat dilakukan tiupan atau pemompaan, setelah 30 detik lakukan penilaian ualng nafas.
Jika bayi mulai bernafas spontan atau menangis, hentikan ventilasi bertahap:
a.    Lihat dada apakah ada retraksi dinding dada bawah
b.   Hitung frekuensi nafas permenit
Jika bernafas >40 per menit dan tidak ada retraksi berat:
a.    Jangan ventilasi lagi
b.   Letakkan bayi dengan kontak kulit ke kulit pada dada ibu dan lanjutkan asuhan bayi baru lahir.
c.    Pantau setiap 15 menit untuk pernafasan dan kehangatan
d.   Katakana pada ibu bahwa bayinya kemungkinan besar akan membaik.
3.    Lanjutkan asuhan pasca resusitasi.
4.      Jika bayi megap-megap atau tidak bernafas, lanjutkan ventilasi.
d)   Ventilasi setiap 30 detik hentikan dan lakukan penilaian ulang nafas.
1.    Lanjutkan ventilasi 20 kali dalam 30 detik (dengan tekanan 20 cm air)
2.    Hentikan ventilasi setiap 30 detik, lakukan penilaian bayi apakah bernafas, tidak bernafas atau megap-megap:
a.    Jika bayi sudah mulai bernafas spontan, hentikan ventilasi bertahap dan lakukan asuhan pasca resusitasi
b.   Jika bayi megap-megap atau tidak bernafas, teruskan ventilasi 20 kali dalam 30 detik kemudian lakukan penilaian ulang nafas tiap 30 detik.
e)    Siapkan rujukan jika bayi belum bernafas spontan sesudah 2 menit resusitasi
f)    Lanjutkan ventilasi sambil memeriksa denyut jantung bayi
5.      Tahap III: Asuhan Pasca Resusitasi 
Setelah tindakan resusitasi, diperlukan asuhan pasca resusitasi yang merupakan perawatan instensif selama 2 jam pertam. Penting sekali pada tahap ini dilakukan BBL dan pemantauan sera intensif serta pencatatan.
a)    Pemantauan tanda-tanda bahaya pada bayi
1.    Tidak dapat menyusu
2.    Kejang
3.    Mengantuk atau tidak sadar
4.    Nafas cepat (>60 kali permenit)
5.    Merintih
6.    Retraksi dinding dada bawah
7.    Sianosis sentral
b)   Pemantauan dan perawatan tali pusat
1.    Memantau perdarahan tali pusat
2.    Menjelaskan perawatan tali pusat
c)    Bila nafas bayi dan warna kulit normal, berikan bayi kepada ibunya
1.    Meletakkan bayi di dada ibu (kulit ke kulit), menyelimuti keduanya
2.    Membantu ibu untuk menyusui bayi dalam 1 jam pertama
3.    Menganjurkan ibu untuk mengusap bayinya dengan kasih sayang
d)   Pencegahan hipotermi
1.    Membaringkan bayi dalam ruangan >250 C bersama ibunya
2.    Mendekap bayi dengan lekatan kulit ke kulit sesering mungkin
3.    Menunda memandikan bayi sampai dengan 6-24 jam
4.    Menimbang berat badan terselimuti, kurangi berat selimut
5.    Menjaga bayi tetap hangat selama pemeriksaan, buka selimut bayi sebagian-sebagian.
Asuhan pasca lahir (usia 2-24 jam setelah lahir)
Sesudah pemantauan 2 jam pasca resusitasi, bayi masih perlu asuhan pasca lahir lebih lanjut. Asuhan pasca lahir dapat dilakukan dengan cara kunjungan rumah(kunjungan BBL/       neonatus). Tujuan dari asuhan pasca lahir adalah untuk mengetahui kondisi lebih lanjut dalam 24 jam pertama kesehatan bayi setelah mengalami tindakan resusitasi.
e)    Pemberian vit-K
Memberikan suntikan vit-K di paha kiri anterolateral 1 mg intramuscular.
f)    Pencegahan infeksi
1.    Memberikan salep mata antibiotika
2.    Memberikan imunisasi Hepatitis-B dipaha kanan 0,5 mL intramuscular, 1 jam setelah pemberian vit K
3.    Memberitahu ibu dan keluarga cara pencegahan infeksi bayi.
g)   Pemeriksaan fisik
1.    Mengukur panjang badan dan lingkar kepala bayi
2.    Melihat dan meraba kepala bayi
3.    Melihat mata bayi
4.    Melihat mulut dan bibir bayi
5.    Melihat dan meraba lengan dan tungkai, gerakan dan menghitung jumlah jari
6.    Melihat alat kelamin dan menentukan jenis kelamin, adakah kelainan
7.    Memastikan adakah lubang anus dan uretra, adakah kelainan
8.    Memastikan adakah buang air besar dan buang air kecil
9.    Melihat dan meraba tulang punggung bayi.
h)   Rencana asuhan 24 jam
1.      Pemberian ASI
2.      Menilai BAB bayi
3.      Menilai BAK
4.      Kebutuhan istirahat/tidur
5.      Menjaga kebersihan kulit bayi
6.      Mendeteksi tanda-tanda bahaya pada bayi (rukiyah dan yulianti.2010;h.66)
i)     Pencatatan dan pelaporan
j)     Asuhan pasca lahir (JNPK-KR, 2008 h.148)
B.     TINAJUAN TEORI ASUHAN KEBIDANAN
1.      Pengertian
Manajemen asuhan kebidanan atau sering disebut manajemen asuhan kebidanan adalah suatu metode berfikir dan bertindak secara sistematis dan logis dalam memberi asuhan kebidanan, agar menguntungkan kedua belah pihak baik klien maupun pemberi asuhan.
Manajemen kebidanan merupakan proses pemecahan masalah yang digunakan sebagai metode untuk mengorganisasikan pikiran dan tindakan berdasarkan teori ilmiah, temuan-temuan, keterampilan, dalam rangkaian tahap-tahap yang logis untuk pengambiln suatu keputusan yang berfokus terhadap klien.
 kebidanan diadaptasi dari sebuah konsep yang dikembangkan oleh Helen Varney dalam buku Varney’s Midwifery, edisi ketiga tahun 1997, menggambarkan proses manajemen asuhan kebidanan yang terdiri dari tujuh langkah yang berturut secara sistematis dan siklik.
Varney menjelaskan bahwa proses pemecahan masalah yang ditemukan oleh perawat dan bidan pada tahun 1970-an. Proses ini memperkenalkan sebuah metode pengorganisasian pemikiran dan tindakan dengan urutan yang logis dan menguntungkan baik bagi klien maupun bagi tenaga kesehatan. Proses manajemen kebidanan ini terdiri dari tujuh langkah yang berurutan, dan setiap langkah disempurnakan secara berkala. Proses dimulai dari pengumpulan data dasar dan berakhir dengan evaluasi. Ke-tujuh langkah tersebut membentuk suau kerangka lenkap yang dapat diaplikasikan dalam situasi apapun. Akan tetapi setiap langkah dapat diuraikan lagi menjadi langkah-langkah yang lebih detail dan ini bias berubah sesuai dengan kebutuhan klien. (Saminem, 2010; h. 39)
2.      Langkah dalam manajemen kebidanan  menurut Varney
    1. Tahap pengumpulan data dasar (langkah I)
Pada langkah pertama dikumpulkan semua informasi (data) yang akurat dan lengkap dari semua sumber yag berkaitan dengan kondisi klien.
Untuk  memperoleh data dilakukan dengan cara:
Anamnesis, anamnesis dilakukan untuk mendapatkan biodata, riwayat menstruasi, riwayat kesehatan , riwayat kehamilan, persalinan dan nifas, bio- psiko- sioso-spiritual, serta pengetahuan klien.
a.       Identitas
Identitas bayi didapat dari anamnesa yang dilakukan oleh bidan terhadap orang tua bayi untuk memperoleh informasi tentang identitas bayi baru lahir, seperti umur bayi, jam kelahiran bayi, jenis kelamin bayi dan anak keberapa.
b.      Riwayat Antenatal
1)   Data ini penting untuk diketahui oleh bidan sebagai data acuan untuk memprediksi apakah terdapat penyulit pada kehamilan saat bayi masih dalam kandungan.
2)   Kesehatan janin dikaji untuk mengetahui kondisi janin saat ini
3)   Keluhan trismester 1, 2 dan 3 dikaji untuk mengetahui keluhan yang pernah dirasakan oleh orang tua bayi saat hamil
4)   Frekuensi ANC selama kehamilan trismester 1, 2 dan 3 dikaji untuk mengetahui seberapa sering orang tua bayi pernah memeriksakan diri saat hamil
5)   Pola nutrisi dikaji untuk mengetahui asupan nutrisi pada orang tua bayi
6)   Perilaku kesehatan dikaji untuk mengetahui apakah orang tua bayi pernah merokok, mengonsumsi alkohol, obat-obatan atau jamu selama hamil
c.       Riwayat Proses Persalinan
1)   Data ini penting untuk diketahui oleh bidan sebagai data acuan untuk memprediksi apakah terdapat penyulit saat terjadinya proses kelahiran bayi.
2)   Tempat lahir dikaji untuk mengetahui dimanakah bayi dilahirkan
3)   Ditolong oleh dikaji untuk mengetahui siapakah yang  menolong kelahiran bayi
4)      Jenis persalinan dikaji untuk mengetahui bagaimana cara bayi dilahirkan
5)   Lama persalinan dikaji untuk mengetahui seberapa lama proses persalinan
6)      Tanggal lahir dikaji untuk mengetahui kapan bayi di
7)      lahirkan dan pukul untuk mengetahui waktu bayi dilahirkan
8)      BB dikaji untuk mengetahui berapakah berat badan bayi, PB dikaji untuk mengetahui berapakah panjang badan bayi dan nilai apgar digunakan untuk menilai apakah bayi sudah dalam keadaan normal atau tidak
9)      Jenis kelamin dikaji untuk mengetahui apa jenis kelamin bayi
10)  Cacat bawaan dikaji untuk mengetahui apakah bayi lahir dalam keadaan cacat atau tidak
11)  Masa gestasi  dikaji untuk mengetahui apakah bayi lahir cukup bulan atau tidak
12)  Resusitasi dikaji untuk mengetahui apakah bayi telah dilakukan tindakan resusitasi atau tidak
a. Pola Kebutuhan Sehari-hari
Nutrisi dikaji untuk mengetahui apa saja yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasien. Nutrisi yang diberikan pada bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) juga akan berbeda, sebab kapsitas lambung BBLR sangat kecil sehingga minum harus sering diberikan tiap jam. Perhatikan juga apakah selama pemberian minum bayi menjadi cepat lelah, menjadi biru atau perut menjadi besar/ kembung (Prawirohardjo,2009)
b.      Pola eliminasi dikaji untuk mengetahui apakah bayi telah BAK dan BAB. Pada bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) kita mengkaji pola eliminasi, sebab pada bayi BBLR kebutuhan nutrisi yang diberikan berbeda dengan bayi yang berat badannya normal, oleh sebab itu akan berpengaruh juga pada frekuensi BAB dan BAK nya setiap harinya.
c.    Pola istirahat dikaji untuk mengetahui apakah kebutuhan istirahat bayi telah terpenuhi atau tidak. Bayi yang mengalami berat badan lahir rendah (BBLR) memiliki pola tidur yang lebih banyak dari bayi normal, sebab nutrisi yang dikonsumsi sangat cukup dan memiliki frekuensi yang ditetapkan setiap jam, sehingga bayi lebih sering tertidur nyenyak dengan nutrisi yang cukup.
d.   Personal hygine dikaji untuk mengetahui bagaimana kebersihan pada diri bayi. Pada bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) personal hygine juga perlu dikaji sebab kebersihan pada bayi sangat diutamakan untuk pencegahan infeksi.  
C.     Pemeriksaan fisik sesuai dengan kebutuhan dan pemeriksaan tanda- tanda vital, meliputi
a.       Pemeriksaan khusus (inspeksi, palpasi, auskultasi, dan perkusi).
1)      Pemeriksaan penunjang (laboratorium dan cacatan terbaru serat cacatan sebelumnya). Pemeriksaan fisik
a)    Kepala          :
 bentuk simetris atau tidak, UUB dan UUK datar atau tidak, keadaan rambut bersih atau tidak, adakah caput succedenum dan cephal hematome.
b)   Wajah          
terdapat odema atau tidak, kebersihan muka simetris atau tidak dan warna kemerahan atau   tidak
c)    Mata            
simetris atau tidak, adakah     pembengkakan pada kelopak mata,konjungtiva merah  muda atau pucat, sklera putih atau tidak, adakah bulu mata atau tidak, adakah kotoran mata atau tidak
d)   Hidung        
bentuk, lubang hidung, pernafasan cuping hidung, dan pengeluaran
e)    Mulut           
bentuk bibir, lidah, palatum, reflek rooting
f)    Telinga         
simetris atau tidak, lubang telinga, adakah cairan atau tidak
g)   Leher           
bendungan vena jugularis, pembesaran kelenjar tyroid, pembesaran kelenjar getah bening, reflek  menelan, kepala bebas berputar
h)   Dada            
bentuk dada, pengembangan rongga dada, suara jantung, suara paru-paru
i)     Ketiak          
kebersihan, pembesaran kelenjar limfe
j)     Perut              
bentuk simetris atau tidak, adakah bising usus,  keadaan tali pusat, kembung,adakah benjolan, adakah pembesaran hati
k)   Punggung      
fleksibilitas tulang punggung, tonjolan tulang  punggung, lipatan bokong
l)     Anus              
adakah lubang anus atau tidak
m) Genetalia       
adakah labia mayor dan labia minor, adakah  klitoris dan orifisium uretra
n)   Ekstermitas    
pergerakan dan jari-jari tangan dan kaki
o)   Neuro             
reflek moro, rooting, glabela, gland, plantar, tonik leher, menghisap
p)   Eliminasi        
BAK dan BAB
a.       Interpretasi data dasar (langkah II)
Pada langkah kedua dilakukan identifikasi terhadap diagnosis atau masalah berdasarkan interpretasi yang benar atas data- data yang telah dikumpulkan. Data dasar tersebut kemudian diinterpretasi sehingga dapat dirumuskan diagnosis dan masalah yang spesifik. Baik rumusan diagnosis maupun masalah, keduanya harus ditangani. Meskipun masalah tidak dapat dartiakn sebagai diagnosis, tetapi tetap membutuhkan penanganan.
b.      Identifikasi diagnosis/ masalah potensial dan antisipasi penanganannya (langkah III)
Pada langkah ketiga mengidentifikasi masalah potensial atau diagnosis potensial berdasarkan diagnosis/ masalah yang sudah diidentifikasi. Langkah ini membutuhkan antisipasi, bila memungkinkan dilakukan pencegahan. Bidan diharapkan dapat waspada dan bersiap- siap mencegah diagnosis masalah potensial I menjadi kenyataan. Langkah ini penting dituntut untuk mampu menagntisipasi masalah potensial tidak hanya merumuskan masalah potensial yang akan terjadi, tetapi juga merumuskan tindakan antisipasi agar masalah atau diagnosis tersebut tidak terjadi. Langhkah ini bersifat antisipasi yang rasional/ logis.
c.       Tindakan segera atau kolaborasi (langkah IV)
Bidan mengidentifikasi perlunya bidan atau dokter melakukan konsultassi atau penanganan segera bersama anggota tim kaesehatn lain dengan kondisi klien. Langkah keempat mencerminkan keseimangan proses manajemen kebidanan. Jadi, manajemen tidak hanya berlangsung seama asuhan primer periodic atau kunjungan prenatal saja, tetapi juga selama wanita tersebut dalam dampingan  bidan. Misalnya, pada waktu wanita tersebut dalam persalinan.
d.      Rencana asuhan menyeluruh (langkah V)      
Pada langkah kelima direncanakan asuhan menyuluruh yang ditentukan berdasarkan langkah- langkah sebelumnya. Langkah ini merupakan kelautan manajemen untuk masalah atau diagnosis yang telah diidentikasi atau dantispasi atau diantisipasi. Pada langkah ini informasi data yang tidak  lengkap dapat dilengkapi  rencana asuhan yang menyuluruh tidak hanya meliputi segala hal yang sudah teridentifikasi dari kondisi klien atau dari setiap masalah yang terkait, tetapi juga dari kerangka pedoman antisipasi untuk klien tersebut. Pedoman antisipasi ini mencakup perkiraan tentang hal yang akan terjadi berikutnya: apakah dibutuhkan penyuluhan, konseling, dan apakah bidan perlu merujuk klien bila ada sejumlah masalah terkait sosial, ekonomi, kultural, atau psikososial.
e.       Pelaksanaan langsung asuhan dengan efisien dan aman (langkakh VI)
Pada langkah keenam, rencana asuhan menyuluuh dilakua denangn efisien dan aman. Pelaksanaan ini bisa dilakukan seluruhnya oleh bidan atau sebagian dikerjakan oleh klien atau anggota tim kesehatan lainnya walua bidan tidak melakukan nya sendiri, namun ia tetap memikul tangung jawab untuk mengarahkan pelaksanaanya (misalnya dengan memastikan bahwa langkah tersebut benar-benar terlaksana)
f.       Evaluasi ( langkah VII)
Evaluasi dilakukan secara siklus dan dengan mengkaji ulang aspek asuhan yang tidak efektif untuk mengetahui faktor mana yang menguntungkan atau menghambat keberhasilan asuhan yang diberikan.
Pada langkah terakhir, dilakukan evaluasi keefektifan asuhan yang sudah diberikan. Ini meliputi evaluasi pemenuhan kebutuhan akan banuan apkah benar- benar telah terpenuhi sebagaimana diidentifkasi didalam diagnosis dan masalah. Rencana tersebut dapat dianggap efektif jika memang benar efektif dalam pelaksanaanya. (Soepardan.2009; h.97)
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 1464/Menkes/Per/X/2010 tentang Izin dan Penyelenggaran Praktik Bidan, kewenangan yang dimiliki bidan meliputi:
A.     Landasan Hukum Kewenangan Bidan
Berdasarkan peraturan menteri kesehatan (permenkes) nomor 1464/menkes/per/x/2010 tentang izin dan penyelenggaran praktik bidan, kewenangan yang dimiliki bidan meliputi:
7.    Kewenangan normal:
a.    Pelayanan kesehatan ibu
b.    Pelayanan kesehatan anak
c.    Pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana
2.    Kewenangan dalam menjalankan program Pemerintah
a.    Kewenangan bidan yang menjalankan praktik di daerah yang tidak memiliki dokter
b.    Kewenangan normal adalah kewenangan yang dimiliki oleh seluruh bidan. Kewenangan ini meliputi:
Pelayanan kesehatan ibu
a.       Ruang lingkup:
1)    Pelayanan konseling pada masa pra hamil
2)    Pelayanan antenatal pada kehamilan normal
3)    Pelayanan persalinan normal
4)    Pelayanan ibu nifas normal
5)    Pelayanan ibu menyusui
6)    Pelayanan konseling pada masa antara dua kehamilan
b.      Kewenangan:
1)    Episiotomi
2)    Penjahitan luka jalan lahir tingkat I dan II
3)    Penanganan kegawat-daruratan, dilanjutkan dengan rujukan
4)    Pemberian tablet Fe pada ibu hamil
5)    Pemberian vitamin A dosis tinggi pada ibu nifas
c.     Fasilitasi/bimbingan inisiasi menyusu dini (IMD) dan promosi air  susu ibu (ASI) eksklusif
d.   Pemberian uterotonika pada manajemen aktif kala tiga dan postpartum
e.    Penyuluhan dan konseling
f.     Bimbingan pada kelompok ibu hamil
g.    Pemberian surat keterangan kematian
h.    Pemberian surat keterangan cuti bersalin
Pelayanan kesehatan anak
a.       Ruang lingkup:
1)   Pelayanan bayi baru lahir
2)      Pelayanan bayi
3)   Pelayanan anak balita
4)   Pelayanan anak pra sekolah
  b.      Kewenangan:
a)    Melakukan asuhan bayi baru lahir normal termasuk resusitasi, pencegahan hipotermi, inisiasi menyusu dini (IMD), injeksi vitamin K 1, perawatan bayi baru lahir pada masa neonatal (0-28 hari), dan perawatan tali pusat
b)    Penanganan hipotermi pada bayi baru lahir dan segera merujuk
c)     Penanganan kegawatdaruratan, dilanjutkan dengan rujukan
d)    Pemberian imunisasi rutin sesuai program Pemerintah
e)     Pemantauan tumbuh kembang bayi, anak balita dan anak pra sekolah
f)     Pemberian konseling dan penyuluhan
g)    Pemberian surat keterangan kelahiran
h)    Pemberian surat keterangan kematian
Pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana, dengan kewenangan:
a.       Memberikan penyuluhan dan konseling kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana
b.      Memberikan alat kontrasepsi oral dan kondom Selain kewenangan normal sebagaimana tersebut di atas, khusus bagi bidan yang menjalankan program Pemerintah mendapat kewenangan tambahan untuk melakukan pelayanan kesehatan yang meliputi:
a)      Pemberian alat kontrasepsi suntikan, alat kontrasepsi dalam rahim, dan memberikan pelayanan alat kontrasepsi bawah kulit
b)      Asuhan antenatal terintegrasi dengan intervensi khusus penyakit kronis tertentu (dilakukan di bawah supervisi dokter)
c)      Penanganan bayi dan anak balita sakit sesuai pedoman yang ditetapkan
d)     Melakukan pembinaan peran serta masyarakat di bidang kesehatan ibu dan anak, anak usia sekolah dan remaja, dan penyehatan lingkungan
e)      Pemantauan tumbuh kembang bayi, anak balita, anak pra sekolah dan anak sekolah
f)       Melaksanakan pelayanan kebidanan komunitas
g)      Melaksanakan deteksi dini, merujuk dan memberikan penyuluhan terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk pemberian kondom, dan penyakit lainnya
h)      Pencegahan penyalah gunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) melalui informasi dan edukasi
Pelayanan kesehatan lain yang merupakan program Pemerintah.
Khusus untuk pelayanan alat kontrasepsi bawah kulit, asuhan antenatal terintegrasi, penanganan bayi dan anak balita sakit, dan pelaksanaan deteksi dini, merujuk, dan memberikan penyuluhan terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS) dan penyakit lainnya, serta pencegahan penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA), hanya dapat dilakukan oleh bidan yang telah mendapat pelatihan untuk pelayanan tersebut.
Selain itu, khusus di daerah (Kecamatan atau Kelurahan/Desa) yang belum ada dokter, bidan juga diberikan kewenangan sementara untuk memberikan pelayanan kesehatan di luar kewenangan normal, dengan syarat telah ditetapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Kewenangan bidan untuk memberikan pelayanan kesehatan di luar kewenangan normal tersebut berakhir dan tidak berlaku lagi jika di daerah tersebut sudah terdapat tenaga dokter (http.www.hukum kewenangan bidan.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar